Cara Mengatur Keuangan Keluarga Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik

0
30
Tekidagsaray_cara-mengatur-keuangan-keluarga

Mengatur keuangan untuk keluarga memang tidak mudah, banyak keperluan yang harus kita bayar di luar kebutuhan sehari-hari. Hal ini tentu dapat membuat orang yang memiliki penghasilan pas-pasan memutar otak, agar uang yang di milikinya dapat menghidupi keluaga selama satu bulan. Kali ini kita akan memberikan cara mengatur keuangan agar keperluan sebulan terpenuhi, dengan begitu kamu yang memiliki penghasilan pas-pasan dapet memenuhi kebutuhan keluarga.

Pahami Seluruh Aspek Keuangan Keluarga

Langkah pertama untuk mengatur keuangan keluarga adalah dengan cara mengetahui berapa banyak penghasilan dan uang yang kamu miliki, tagihan dan biaya pengeluaran sehari-hari dengan begitu kamu dapat mengatur keuangan kamu dengan mudah.

Buatlah Perencanaan Keuangan

Setelah kamu memahami aspek keuangan keluarga, kamu dapat mulai megatur perencanaan keuangan. Kamu dapat mengatur keuangan kamu dengan cara membagikanya kedalam beberpa kebutuhan, misalnya untuk biaya sekolah, keperluan dapur dan hal lainya. Dengan begitu kamu akan dengan mudah mengatur keuangan keluarga.

Mulailah Menabung Bersama

Mengatur keuangan keluarga dapat kamu lakukan dengan cara menabung bersama, menabung adalah aktivitas yang terlihat sederhana namun dapat menjadi cara yang baik dalam menyisihkan keuangan keluarga. Kamu dapat mengajak seluruh anggota keluarga agar dapat ikut dalam akitivtas menabung ini, mulai anank yang terkecil hingga semuanya ikut menabung.

Selain itu dengan mengajari anak menabung sejak dini, akan memberikan pelajaran yang positif yang dapat membantu anak tersebut kelak ketika sudah besar agar dapat mengatur keuanganya sendiri dengan baik.

Dahulukan Kebutuhan Daripada Keinginan

Terkadang keinginan selalu menghabiskan keuangan keluarga, hal ini di sebabkan karena suatu keinginan tersebut tidak memiliki manfaat dan kepentingan untuk seluruh anggota keluarga. Jadi kamu bisa mendahulukan kebutuhan terelebih dahulu,  jika kebutuhan semua sudah terpenuhi kamu dapat menabung dan menyimpan uang yang tersisa.

Hindari Hutang

Meminjam uang atau hutang adalah sebuah tindakan yang tidak bijak, karena sebenarnya hutang tersebut akan merugikan kamu di kemudian hari. Awalnya meminjam uang tersebut sangat mudah dan kita memiliki sejumlah uang, namun hal tersebut terkadang dapat membebani karena kita memang mewajibkan membayarnya. Jika kita memiliki penghasilan yang pas-pasan kemudian harus menyisihkan uang untuk membayar hutang, tentu saja akan mengacaukan keuangan keluargamu.

Oleh karena itu hindarilah hutang jika memang karena bukan hal yang benar-benar darurat, agar hidup keuangan kamu tidak terganggu. Terlebih lagi jika kamu meminjam uang dengan bunga yang cukup tinggi, bisa-bisa uang kamu akan habis.

Memiliki Target Keuangan Untuk Masa Depan

Memiliki target keuangan untuk masa depan dapat menjadi cara yang baik untuk mengatur keuangan keluarga, karena dengan begitu kita memiliki cita-cita dan motivasi yang harus kita kejar. Cobalah untuk memiliki target misalnya 5 tahun kedepan kamu harus memiliki uang sebesar 50 juta, dengan begitu kamu akan fokus dan dapat mengatur keuangan secara baik.

Mulailah Investasi

Kamu dapat memulai investasi agar keuangan keluarga kamu teratur, investasi sama halnya dengan menabung namun kita akan mendapatkan keuntungan di setiap waktu. Investasi yang disarankan adalah membeli logam mulia dan tanah di tempat yang strategis. Dengan begitu kamu memiliki tabungan masa depan yang suatu saat dapat kamu pakai jika memang di butuhkan, selain itu kamu akan mendapatkan keuntungan dalam setiap tahunnya atau setiap waktu.

Nah itualah cara mengatur keuangan keluarga, dengan begitu meskipun kamu memiliki penghasilan yang pas-pasan kebutuhan keluarga akan tercukupi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here