Cek Kembali Perawatan Popok Bayi Anda Apakah Sudah Tepat atau Belum Melalui Cara Ini!

0
51
Popok Bayi
Popok Bayi

Tekirdagsaray.com, Jika berbicara mengenai perlengkapan pakaian bayi pasti banyak sekali, hal tersebut juga tidak terlepas dari yang namanya popok bayi atau bahan kain. Sebelumnya bunda yang baru pertama kali mempunyai anak harus paham terlebih dahulu perbedaan antara popok kain dan pampers, cara perawatan, cara penggunaan, cara pembersihan yang sudah jelas berbeda. Pada bayi yang baru lahir sampai umur sekitar satu tahun pasti menggunakan popok yang terbuat dari kain. Selain lebih simpel juga masih bisa menyesuaikan tubuh bayi yang masih kecil.

popok bayi
Mengganti popok bayi secara rutin untuk kenyamanan bayi.

Sekarang ini penjualan popok untuk para bayi bukan hanya pada toko konvensional saja tetapi juga pada toko online. Berbagai bahan dan model bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan keinginan, tetapi perlu diketahui yang paling utama adalah kenyamanan bayi. sebelum membeli, sebaliknya Anda perhatikan terlebih dahulu beberapa hal seperti berikut ini:

Pastikan menyerap keringat.

Pertama kali Anda melihat bahan yang digunakan pada popok tersebut, terkadang ada yang menyerap keringat, lembut dan dingin jika digunakan. tetapi ada juga seller yang menjual dengan bahan yang berkualitas buruk sehingga membuat bayi merasa tidak nyaman.

Ukuran.

Anda perlu perhatikan juga umur dan kesesuaian ukuran yang dibutuhkan oleh bayi, karena setiap kali pertumbuhan pasti mempunyai kebutuhan popok yang berbeda. dari mulai umur 0 sampai dengan 3 bulan, 4 sampai 5 bulan dan seterusnya.

Pastikan tidak membuat alergi.

Sebenarnya alergi pada anak itu biasa, mengingat umur yang masih kecil dan kulit yang masih sangat sensitive. Tetapi Anda bisa meminimalisir dengan pemilihan bahan popok yang tidak menimbulkan alergi kepada anak.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli berbagai perlengkapan buah hati terutama popok. Pemilihan yang kurang tepat juga akan berpengaruh pada masalah anak seperti terjadinya ruam popok bayi ataupun alergi. Selain itu cara perawatannya juga perlu Anda perhatikan, hal itu juga bisa berpengaruh. Berikut ini tahapan yang tepat dalam membersihkan dan merawat popok buah hati yaitu:

  • Pertama kali Anda harus merendam popok dengan menggunakan detergen yang aman dan tidak membuat kulit bayi sensitive. Jika memang ada yang kotor bisa dibersihkan langsung seketika, lebih baiknya Anda menggunakan air hangat terlebih dahulu untuk mematikan bakteri yang menempel pada popok.
  • Setelah kurang lebih 15 menit direndam, saatnya untuk melakukan pengucekan secara menyeluruh. Gunakan sikat jika memang ada noda yang membandel, tetapi tetap pastikan bahwa sikat tersebut lembut.
  • Selanjutnya lakukan pembilasan menggunakan air bersih yang mengalir, minimal 2 kali supaya benar-benar bersih dan semua noda terangkat. Lalu rendam menggunakan pewangi yang membuat popok menjadi lebih lembut dan wangi.
  • Dan terakhir jemur pada tempat yang aman, pastikan popok dalam kondisi kering sebelum digunakan kembali oleh buah hati Anda.
  • Penyimpanan juga pada tempat yang tepat, jangan sampai ada jamur ataupun bakteri yang muncul dan mengganggu kulit anak.

Contoh diatas memang pencucian atau perawatan secara manual, jika Anda menggunakan mesin cuci mempunyai langkah-langkah yang tidak jauh berbeda. tetapi alangkah lebih baiknya jika memang popok bayi hanya dibersihkan secara langsung. selain kualitas kebersihan popok yang lebih baik juga merawat kain supaya lebih awet dan tahan lama. Bagaimana, sudahkah Anda melakukan perawatan dengan tepat pada perlengkapan bayi Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here