Lakukan Tips Ini Agar Radiator Mobil Anda Awet Terjaga

0
9
Radiator mobil.
Radiator mobil.

Tekirdagsaray.com, Radiator mobil merupakan bagian yang sangat krusial pada mobil, mengingat fungsinya sebagai komponen yang berguna untuk mendinginkan mesin agar tidak terjadi panas berlebih atau overheat. Umumnya bentuk radiator adalah persegi maupun persegi panjang yang terdapat kepala radiator yaitu penutup atas yang memiliki fungsi untuk mengalirkan semua air panas yang berasal dari mesin menuju ke seluruh kisi-kisi pada radiator. Kisi-kisi ini nantinya yang berguna untuk mendinginkan cairan panas yang nantinya siap untuk dimasukkan kembali ke dalam mesin sesuai dengan bukaan klep thermostat.

Radiator mobil
Radiator mobil.

Bagian kisi-kisi radiator sangat mudah tersumbat terutama karena karat yang dibawa oleh cairan radiator dari dalam mesin. Jika hal ini dibiarkan begitu saja dan tidak dibersihkan, akan menyebabkan kinerja radiator yang menurun. Mengingat fungsinya yang sangat vital, melakukan perawatan dengan baik dan benar harus Anda lakukan agar tidak cepat rusak serta tidak membahayakan mesin kendaraan Anda.

Radiator mobil.
Radiator mobil.

Radiator yang bermasalah juga akan membuat perjalanan Anda menjadi tidak nyaman, mengingat keadaan ini bisa membuat mesin overheat dan bisa mogok sewaktu-waktu saat perjalanan. Agar radiator Anda awet, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk perawatannya. Berikut ini bisa Anda simak baik-baik.

Menguras dan mengganti air radiator secara berkala.

Kegiatan satu ini wajib dilakukan untuk setiap jenis mobil yang Anda miliki. Dengan rajin menguras dan mengganti cairan radiator akan meminimalisir terjadinya endapan yang bisa saja menyumbat saluran-saluran air dalam radiator. Mengurasnya pun tidak bisa Anda lakukan dengan sembarangan. Sehingga jika Anda kurang begitu paham untuk cara melakukan pengurasan dengan baik dan benar, sebaiknya diserahkan pada ahlinya.

Mengecek selang radiator.

Selang radiator memiliki fungsi sebagai penghubung antara mesin dan radiator. Umumnya selang radiator terbuat dari karet khusus yang tahan terhadap panas. Meskipun begitu jika terkena panas terus menerus selang radiator juga akan berubah menjadi keras dan mudah retak, bahkan bisa juga memuai dan mengembang yang berakibat daya tahan selang juga menurun. Untuk itu lakukan pengecekan setiap 3 atau 6 bulan sekali untuk mengetahui kondisi selang radiator masih layak pakai atau tidak. Jika sudah tidak layak, lakukan pergantian segera. Biasanya komponen yang satu ini cukup mudah ditemukan di toko onderdil mobil maupun toko online.

Memeriksa tutup radiator mobil.

Cara perawatan sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah adalah dengan memeriksa penutup radiator. Caranya dengan memeriksa kondisi karet seal masih kenyal dan berfungsi dengan baik atau tidak. Tutup radiator yang rusak bisa menyebabkan sirkulasi air panas yang menuju reservoir menjadi terhambat dan terpaksa harus dimasukkan kembali ke dalam mesin. Hal inilah yang menyebabkan temperatur panas menjadi tinggi.

Memeriksa pengikat atau klem selang radiator.

Klem selang radiator berguna untuk mengikat selang radiator dan juga pipa agar terjamin kerapatannya sehingga tidak mengalami kebocoran. Klem yang longgar akan menyebabkan rembesan air yang jika dibiarkan berlarut-larut akan menyebabkan radiator kehabisan air sehingga terjadi overheat.

Memeriksa kipas pendingin radiator.

Tips terakhir untuk merawat radiator mobil yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa kipas pendingin masih berfungsi dengan baik atau tidak. Kipas pendingin yang tidak berfungsi dengan baik dikhawatirkan akan menyebabkan overheat. Untuk memeriksanya cukup nyalakan mesin mobil dan tunggu beberapa saat apakah kipas otomatis menyala dan berputar saat mesin sudah panas ataukah tidak. Jika kipas pendingin mati segera lakukan perbaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here